Jumat, 04 Februari 2011

Ranking Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Naik (M.Husnan - 9F

TEMPO Interaktif, Jakarta:Peringkat tiga perguruan tinggi negeri (PTN) Indonesia, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Bandung (ITB) naik dan masuk ke peringkat 400 PTN tingkat dunia.



Berdasarkan ranking universitas yang dipublikasikan oleh the Times Higher Education Magazine-QS (THE-QS) Senin (13/10) malam, UI pada tahun ini berhasil naik ke peringkat 287 dari sebelumnya peringkat 359.



Sedangkan peringkat ITB naik dari peringkat 369 tahun lalu menjadi peringkat 315. Dan peringkat UGM naik ke ringkat 316 dari peringkat 360 sebelumnya.



Peringkat THE-QS sendiri dinilai berdasarkan kualitas penelitian (research quality), kesiapan kerja lulusan (graduate employability), pandangan internasional (international outlook), dan kualitas pengajaran (teaching quality).



Meski peringkat ketiga PTN tersebut tahun ini naik, namun peringkat tersebut sebenarnya masih jauh dibanding tahun 2006, dimana UI, ITB dan UGM berada di peringkat 250, 258 dan 270.



Meski naik, sebenarnya PTN Indonesia masih jauh tertinggal dengan perguruan tinggi lainnya di Asia. Pada peringkat teratas universitas se-Asia, diduduki oleh The University of Tokyo (peringkat 19), sedang the National University of Singapore (NUS) menduduki peringkat tertinggi di Asia Selatan (peringkat 30).



Rektor ITB Djoko Santoso menyatakan tantangan lebih besar telah menunggu untuk terus naik peringkat. Jalannya, kata dia, terus melakukan inovasi ilmu pengetahuan dan meningkatkan SDM. Untuk mencapainya, dia meminta pemerintah memfasilitasi infrastruktur perguruan tinggi mulai dari moral sampai materi. "Mulai dari perspektif hingga bantuan pendanaan," ujarnya.



Selain naik peringkat tingkat universitas, Djoko menjelaskan, ITB juga mendapatkan peringkat ke-90 berdasarkan bidang teknologi. "Tahun lalu hanya peringkat 114," kata dia.



Sementara itu, Rektor UI Gumilar Rusliwa Sumantri mengatakan UI akan terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme. UI, kata dia, akan mengembangkan konsep enterprising universty dengan mengembangkan kemampuan pendanaan melalui eksplorasi aset dan kapital intelektual. "Kita juga akan memperkokoh diri sebagai sebuah e-university yang mempunyai kemampuan dan akses besar untuk meletakkan fokus penelitian berada di depan," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar